Selasa, 06 Mei 2014

MACAM-MACAM PENGOLAHAN LIMBAH ANORGANIK

Macam Pengolahan Limbah Anorganik

          Limbah dan sampah merupakan efek samping negatif dari kegiatan manusia yang tidak bisa dihindari. Sementara ini satu-satunya solusi adalah dengan cara mengolah limbah.Pada dasarnya limbah dan sampah diolah dengan dua tujuan. Yang pertama adalah diolah agar lebih aman ketika dibuang atau diolah kembali agar dapat digunakan kembali.Menurut jenisnya sampah dibagi juga menjadi dua macam yaitu organik dan anorganik. Sampah organik adalah sampah-sampah seperti limbah rumah tangga, sayur-sayuran yang tidak layak konsumsi, sisa makanan, daun-daunan, dan lain sebagainya.Untuk pengolahan limbah organik adalah seperti sebagai pakan ternak, dibuat pupuk kompos, dibuat biogas dan lain sebagainya. Sedangkan untuk sampah anorganik biasanya terdiri dari botol bekas, kaleng, kertas, dan plastik.Kali ini kita akan membahas beberapa cara pengolahan limbah anorganik lebih dalam macam-macamnya dan juga manfaatnya.Berbeda dengan sampah organik, untuk pengolahan sampah anorganik hanya bisa dilakukan oleh sampah anorganik yang sejenis saja. Oleh karena itu sebelum dilakukan pengolahan, harus dipisahkan terlebih dahulu setiap jenis sampahnya agar lebih mudah dalam pengolahannya.
Diloak.
          Siapa bilang sampah anorganik seperti barang-barang bekas tidak memiliki nilai jual. Beberapa sampah anorganik jika diloak dalam jumlah banyak maka dihargai dengan harga yang lumayan.Beberapa sampah anorganik yang masih laku untuk diloak adalah seperti ban bekas, botol bekas, majalah bekas, koran bekas, kertas bekas, TV tua dan bekas, sepeda usang, hingga besi-besi tua.Lebih mudahnya barang-barang yang laku di pasar loak adalah besi, kertas, ban, dan sejenisnya. Beberapa perkakas tua seperti lemari tua, panci-panci bekas, dan sepeda bekas sangat laku untuk loak.Kini anda dapat dengan mudah memanggil tukang loak untuk mengambil barang-barang bekas tua anda. Jadi anda tidak repot untuk membawanya ke pasar loak.
Daur Ulang.
          Jika anda ingin memiliki penghasilan lebih dari sampah-sampah anorganik, daur ulang merupakan salah satu solusinya. Beberapa jenis sampah anorganik yang dapat didaur ulang adalah seperti sampah plastik, sampah logam, sampah kaca dan sampah kertas.Biasanya sampah-sampah yang didaur ulang bisa dijadikan kerajinan. Kini banyak kerajinan yang terbuat dari sampah-sampah kertas dan kaca yang didaur ulang.Tentu saja anda harus tahu prosesnya juga perlengkapan yang dibutuhkan untuk mendaur ulang sampah tersebut. Kemudian anda juga perlu sedikit kreasi untuk menciptakan kerajinan dari bahan-bahan yang sudah didaur ulang tersebut.
Pembakaran.
          Beberapa orang beranggapan bahwa membakar sampah dapat merusak ozon karena asap yang dihasilkan olehnya. Memang hal ini benar adanya. Akan tetapi terdapat beberapa cara untuk mengurangi bahaya kerusakan lingkungan dari membakar sampah.Salah satunya adalah dengan dibakar dalam insinerator. Namun sebaiknya sampah-sampah yang dibakar merupakan sampah-sampah yang tidak berbahaya yaitu salah satunya adalah plastik.Salah satu manfaat pembakaran sampah adalah panasnya bisa digunakan untuk kegiatan industri sebagai tenaga panas. Beberapa industri memanfaatkan pembakaran sampah untuk sumber energi seperti pembangkit uap, listrik, bahkan air panas.Setiap proses pengolahan limbah anorganik sebaiknya diolah menurut jenis-jenisnya. Berbeda dengan sampah organik yang bisa dicampur, sampah anorganik hanya bisa diolah jika jenisnya sama.Jika anda tidak bisa atau tidak mampu untuk mengolah sampah anorganik anda, anda tetap bisa berkontribusi untuk dalam proses pengolahan limbah.Salah satu caranya adalah dengan memilah sampah menurut jenisnya. Kemudian menjadikan bank sampah yang disalurkan ke pengrajin-pengrajin yang memang membutuhkan bahan baku sampah.Hindari mencampur sampah anorganik dan sampah organik karena bisa mempersulit pengolahannya. Dan yang terpenting adalah buanglah sampah pada tempatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar